News UpdateTravel Story

Bom Surabaya, Lima Negara Ini Keluarkan Lima Travel Advice

ASITA Minta Negara Lain Tak Keluarkan Travel Warning

TRAVIAMGZ.com, JAKARTA – Hingga Senin (14/5/2018)  ADA negara mengeluarkan Travel Advice atau imbauan perjalanan untuk wisatawan ke Indonesia. Ini terkait dengan bom yang meledak di Surabaya. Beberapa negara tetangga dan negara yang warganya sering traveling ke Indonesia, satu persatu mengeluarkan Travel Advice. Seperti Inggris, Amerika, Hong Kong, Singapura dan Australia.

Asosiasi Agen Tour Travel Indonesia (ASITA) minta negara-negara lain untuk tidak mengeluarkan travel warning ke Indonesia. Hal tersebut akan disampaikan ASITA lewat para mitranya di negara-negara sahabat dan negara lainnya.

“Saya mengimbau kepada negara-negara sahabat, dan kepada sahabat-sahabat saya biro asosiasi perjalan pariwisata di dunia, agar meminta kepada pemerintahnya untuk tidak mengeluarkan travel warning ke Indonesia,” kata Asnawi, Ketua ASITA,  Minggu (13/5/2018).

Imbauan perjalanan ini agar para traveler lebih hati-hati saat liburan ke Indonesia terkait bom di Surabaya yang menewaskan 13 orang dan melukai 43 orang lainnya.

Inggris paling duluan mengeluarkan Travel Advice untuk wisatawannya yang mau liburan ke Indonesia. Pemerintah Inggris melalui The Foreign and Commonwealth Office (FCO) mengimbau traveler berhati-hati.

Menyusul , Amerika Serikat ikut mengeluarkan Travel Advice untuk wisatawannya yang mau pergi ke Indonesia. Dari laman resmi US Embassy & Consulates in Indonesia ada informasi ‘Security Alert: Explosions in Surabaya, Indonesia (May 13, 2018)’.

Pemerintah AS juga mengimbau warganya untuk lebih berhati-hati dan memantau perkembangan.

Negara tetangga Indonesia, Australia juga ikut mengeluarkan Travel Advice pada Minggu (13/5) malam. Travel Advice itu pun dirilis di situs resmi Department of Foreign Affairs and Trade Australia berupa ‘High Degree of Caution’ pada 13 Mei 2018.

Travel Advice juga ikut dikeluarkan oleh Hong Kong yang warganya juga banyak pergi liburan ke Indonesia. Travel Advice dikeluarkan The Government of the Hong Kong Special Administrative Region.

“Residents intending to visit the country or are already there should monitor the situation, exercise caution, attend to personal safety and avoid protests and large gatherings of people,” begitu pernyataannya.

Singapura pun jelang Minggu tengah malam mengeluarkan Travel Advice ke Indonesia. Ministry of Foreign Affairs (MFA) Singapore meminta warganya hati-hati saat traveling ke Indonesia dan dipublikasikan Kedubes Singapura di Jakarta dalam bentuk Consular Notice.

“Warga negara Singapura di Surabaya diimbau untuk menghindari area yang terdampak, melihat media lokal untuk mendapat update dan perkembangan serta meminta tolong pada Pemerintah setempat,” bunyi di situsnya.

Selain diminta untuk menghindari daerah teror bom di Surabaya, pihak Pemerintah Singapura juga meminta warganya di Indonesia untuk melakukan registrasi elektronik via situs Kementerian Luar Negeri Singapura terkait kondisi keamanan pribadi.

Dari 5 negara yang mengeluarkan Travel Advice, tidak ada satu pun yang melarang warganya pergi ke traveling ke Indonesia. Semua hanya meminta para traveler berhati-hati, menghindari area berisiko, selalu memantau berita dan selalu berkomunikasi. (*)

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker