Aviation StoryNews Update

Citilink akan sediakan Wifi gratis di pesawat

TRAVIAMGZ.COM, JAKARTA –   PT Citilink Indonesia terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap penumpangnya. Mulai tahun ini, Citilink akan menyediakan layanan In-Flight WiFi di dalam pesawat secara bertahap.

Dengan layanan tersebut, penumpang Citilink bisa menggunakan fasilitas internet dalam penerbangan secara gratis tanpa dibebankan pada tiket pesawat. Untuk penyediaan layanan WiFi on board tersebut, Citilink akan bekerjama dengan PT Mahata Aero Teknologi (MAT) yaitu perusahaan teknologi Indonesia pertama penyedia solusi nirkabel untuk penumpang airlines.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, rencana pengadaan layanan WiFi on board gratis ini telah direncanakan sejak lama. “Kami memang memiliki cita-cita menjadi maskapi yang teknologi minded. Walaupun bisnis kami low cost carrier, tetapi kami berusaha untuk memberikan layanan prima bagi pelanggan,” katanya di Jakarta, Kamis (8/3).

Layanan wifi gratis ini akan terpasang di semua maskapai Citilink yang saat ini berjumlah 50 pesawat. “Tahun ini kita pasang di lima pesawat Citilink. Sekitar kuartal ke empat 2018 sudah bisa dinikmati oleh pelanggan dengan kecepatan koneksi up to 78 Mbps,” jelas President Director PT Mahata Aero Teknologi (MAT) M Fitriansyah.

Adapun investasi yang dikeluarkan untuk pengadaan teknologi WiFi on Board di 50 pesawat tersebut sebesar US$ 40 juta. “Kontrak kita dengan Citilink untuk penyediaan layanan wifi ini selama 10 tahun dan bisa diperpanjang. Karena untuk pemasangannya, dari jadwal yang kita dapat dalam setahun kita pasang bertahap sekitar 7-9 pesawat,” ungkap Fitriansyah.

Untuk mendukung penyedia solusi nirkabel untuk penumpang di pesawat Citilink, Mahata Aero Teknologi akan melakukan kerjasama dengan Inmarsat Aviation (Satellite Communication), Lufthansa Technik (hardwareengineeringinstallation design and certification), dan Lufthansa System (software platform and integration). Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan pada Kamis (8/3) di Jakarta.(*)

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker