Airlines

Garuda Indonesia Usulkan Pemanfaatan Jalur Penerbangan Selatan Jawa

TRAVIAMGZ.com, JAKARTA – Direktur PT. Garuda Indonesia (Persero), Capt. Triyanto Moeharsono mengusulkan pemanfaatan jalur penerbangan selatan Jawa untuk dapat memperpendek jalur penerbangan dan lebih efisien. Langkah ini sekaligus untuk mengurangi kepadatan lalu lintas penerbangan di jalur utara Jawa.

“Dari kami sebagai pihak airlines mengusulkan untuk dapat memperpendek lagi rute jalur selatan ini agar dapat lebih efisien, seperti dari Cilacap yang tidak perlu lagi ke arah selatan Progo, akan tetapi dapat langsung ke Kidul.”, jelas Capt. Triyanto dalam seminar HMJ Keselematan Penerbangan STPI di Tangerang.

“Dari segi waktu untuk menempuh jalur selatan ini dapat menambah waktu sekitar enam menit dari jalur utara, dan avtur yang diperlukan juga lebih banyak, sehingga diperlukan pemotongan jalur agar lebih efisien lagi’, tambah Triyanto.

Sementara, Kasubdit Operasi Navigasi Penerbangan perwakilan dari Ditnavpen Kementerian Perhubungan, Mohamad Hasan Bashory mengakui bahwa rute Tango One (T1) pada jalur selatan ini membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan rute Whiskey Four Five (W45) pada jalur utara ,karena terdapat perbedaan jarak tempuh.

“Rute ini memang memerlukan waktu lebih jika dibandingkan dengan W45, karena terdapat perbedaan hingga 20 nm atau setara dengan 37,04 km pada jarak tempuhnya. Namun rute ini diperlukan karena padatnya rute W45”, jelas Hasan.

Perwakilan Direktur Operasi Airnav Indonesia, Moeji Subagyo juga menjelaskan bahwa dibukanya jalur selatan ini merupakan salah satu cara untuk dapat mengurangi kepadatan traffic pada jalur utara Jawa.

“Adanya jalur selatan ini dapat mengurangi 30% kepadatan jalur utara. Saat ini kondisi pada jalur utara sudah overcapacity sekitar 61%, sehingga perlu adanya jalur alternatif untuk mengurangi kepadatan ini. Tetapi akan ditinjau kembali untuk jalur ini, karena memang belum efisien”,Moeji menambahkan. (*)

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker