RecipesTraditional

Ikan Kuah Asam Paling Mantap di Kupang

Sajian Kuliner Warung Artis Kuah Asam Tenau

TRAVIAMGZ.com, KUPANG – Selain alamnya yang mempesona ternyata Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpan berbagai kekayaan kuliner yang lezat dan wajib dicoba. Serba serbi olahan masakkan berbahan ikan dapat Anda jumpai khususnya di lokasi yang berdekatan dengan pantai. 

Salah satu tempat makan yang menjadi favorit adalah Warung Artis Kuah Asam Tenau yang berada di Jalan M Praja, Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kupang. Warung ini menyediakan olahan makanan kuah asam ikan yang menggoda lidah dengan kesegeran kuah asam yang diramu dengan rempah-rempah.

Warung yang tak jauh dari Pelabuhan Tenau ini menjadi salah satu ikon masakan kuah asam yang paling ramai dikunjungi. Para pelanggan bukan hanya masyarakat lokal saja, melainkan para pejabat teras hingga artis yang mengunjungi Kupang. “Kalau pejabat hampir sering makan di sini, terakhir band RAN yang datang setelah konser di Atambua,” ujar pengelola restoran, awal Januari lalu.

Menurut pengelola warung, tidak ada bumbu spesial atau rahasia yang tercampur dari kuah asam yang disajikan. “Tidak ada resep khusus atau bumbu rahasia, normal-normal saja. Kami memasaknya dengan hati,” ungkap dia.

Warung Artis Kuah Asam Tenau bukan hitungan bulan hadir dalam dunia kuliner di Kupang. Warung ini, sudah berusia sekira 40 tahun. Saat ini pengelolaan warung dipegang generasi kedua dan semua pekerja merupakan keluarga mulai dari keponakan hingga sepupu. “Warung ini, warisan mama, kita sudah mengelolanya sudah delapan tahun, kalau Mama sekira 30 tahunan, dulu warungnya dibuka di pelabuhan dan akhirnya dipindah ke sini,” imbuh dia.

Selain Kuah Asam Tenau, warung ini juga menyediakan berbagai menu lain seperti sambal goreng kentang, ikan asap. “Kalau sambal goreng kentang dulu favorite, dan kalau tidak sering musim hujan kami juga menyediakan ikan asap,” kata pengelola warung.

Cita rasa segar dari kuah asam yang disajikan di warung ini, terletak pada bahan ikan segar dan diracik dengan rempah-rempah khas Rote. Ikan yang diracik dan dibumbui ketika disantap tidak meninggalkan bau amis.

Hampir semua ikan bisa diolah menjadi kuah asam kecuali ikan tongkol. Sementara yang disajikan di warung ini adalah ikan kakap merah dan putih. Meresapnya racikan bumbu sang juru masak, membuat para pencita kuliner tak rela bila meninggalkan sisa daging ikan pada tulang-tulangnya.

Selain disajikan dengan ikan segar, campuran bumbu dengan daun kemangi juga menjadikan lidah semakin bergoyang untuk segera menyantap. Jika Anda mengemari kepala ikan, warung ini juga menyediakan kuah asam yang berisi kepala ikan yang dijual seharga  Rp 46.000 plus dengan nasi per porsi. Sementara, jika kehabisan kepala ikan, Anda dapat menikmati semangkok daging ikan kuah asam yang dijual Rp 16.000 plus nasi per porsi.(*)

 

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker