News UpdateTravel Story

Kunjungan Wisatawan India ke Bali Meningkat

TRAVIAMGZ.com, BALI – Kunjungan wisatawan India ke Bali terus meningkat. Pulau Dewata menjadi destinasi favorit bagi warga India. Seperti paparan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali dan Dinas Pariwisata Bali, Minggu (30/7/2017) peningkatan jumlah turis India yang semula 119.304 orang pada tahun 2015 menjadi 187.351 di tahun 2016.

Adapun objek wisata yang paling disukai oleh turis India di Bali adalah tempat-tempat yang berbau budaya seperti pura, kesenian dan sejarah. Sedikit yang suka hiburan malam.

Ditambah lagi, dengan kehadiran Batik Air yang mulai beroperasi dari terbang Chennai ke Bali tentunya akan berdampak pada peningkatan turis India. Saat ini penerbangan Chennai-India masih terjadwal satu kali penerbangan per hari. Rutenya menerabas Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali dan transit di Kuala Lumpur terlebih dahulu.

“Batik Air kini makin menyediakan penerbangan yang dapat memberikan pilihan lebih dan beragam kepada para pelanggan. Dengan adanya rute baru menuju Chennai ini kami berharap akan dapat semakin mengembangkan pertumbuhan pariwisata di Indonesia dengan mendatangkan wisatawan mancanegara,” ujar Andy M. Saladin, Public Relations Manager Lion Air Group, beberapa waktu lalu.

Turis India bisa dibilang sebagai market baru bagi pariwisata Bali.Praktisi dan pemerhati pariwisata Bali, I Wayan Puspa Negara menyebutkan bahwa ada faktor penarik, yang ada di Bali mirip dengan India.

“India secara cultural, historis, dan filosofis begitu dekat dengan masyarakat Bali terutama hal-hal yang berkaitan tentang peradaban Hindu,” ujarnya.

“Karakteristik turis India yang ke Bali adalah family, pergi ke Bali dalam satu keluarga. Tidak seperti turis Australia yang backpacker.Mereka juga suka pantai dan kuliner, hingga belanja,” kata Puspa Negara seperti dilansir detiktravel. (*)

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker