AirlinesAviation StoryNews Update

Penumpang Citilink Adu Mulut dengan Petugas karena Kedapatan Merokok

Pesawat Sedang Mengisi Bahan Bakar

TRAVIAMGZ.com, JAKARTA – Merokok merupakan tindakan terlarang selama Anda jadi penumpang pesawat. Banyak alasan mengapa dilarang. Mulai dari karena keamanan hingga kesehatan.

Seperti yang dilakukan petugas keamanan bandara yang terpaksa menurunkan seorang penumpang penerbangan terakhir pesawat Citilink karena kedapatan merokok saat pesawat tengah mengisi bahan bakar pada Minggu (25/2/2018).

“Kejadian ini bermula ketika kami mendapatkan informasi mengenai seorang penumpang yang masih merokok saat menuju pesawat penerbangan terakhir Citilink tujuan Halim-Denpasar dengan kode penerbangan QG 156 yang sesuai jadwal penerbangan dilakukan pukul 21.35 WIB,” ujar Corporate Communication Citilink Benny Butar Butar melalui keterangan tertulis, Senin (26/2/2018).

Ia mengatakan, penumpang tersebut tetap merokok saat hendak menaiki tangga pesawat. Di saat bersamaan, pesawat sedang mengisi bahan bakar avtur (refueling) dan posisinya dekat dengan engine.

Menurut Benny, kondisi tersebut sangat mengancam dan membahayakan penerbangan, khususnya keselamatan dan keamanan penerbangan.

Mendengar laporan tersebut, lanjut Benny, aviation security (avsec) atau petugas keamanan bandara segera mengambil tindakan.

“Saat penumpang memasuki pesawat dan duduk dibangkunya, tidak lama datang petugas keamanan bandara bersama pihak Citilink meminta penumpang untuk turun,” ujarnya.

Saat diminta turun, tambah Benny, penumpang sempat menolak, bahkan terlibat adu mulut dengan petugas.

“Perilakunya jelas-jelas dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan. Dalam industri airlines, kami harus bisa memastikan tidak ada satu pun aturan keselamatan yang dilanggar sehingga operasional penerbangan dapat berjalan dengan aman, lancar, dan nyaman,” ujarnya. (*/NP)

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker