News UpdateTravia Tips

Sering Gunakan Powerbank? Ini Yang Harus Anda Ketahui

TRAVIAMGZ.com, JAKARTA – Powerbank saat ini seperti barang wajib yang harus dimiliki semua orang, terutama remaja. Seperti yang anda tahu, powerbank ini berfungsi untuk mengisi daya handphone yang bisa dilakukan dimana saja sehingga mempermudah penggunanya jika sedang berkunjung ke suatu daerah tanpa listrik. Selain itu, powerbank ini juga bisa membantu kita pada saat kita lupa membawa charger ataupun saat berada di perjalanan. Pokoknya powerbank mantap deh.

Karena kelebihan powerbank itulah yang menyebabkan orang berbondong-bondong untuk memiliki barang kecil yang memiliki manfaat besar itu. Karena sangat bermanfaat, lantas membuat powerbank sebagai alat utama untuk mengisi daya dan colokan listrik tidak digunakan lagi.

Kelebihan powerbank yang kecil dan bisa dibawa kemana-kemana juga menjadi faktor utama para pengguna handphone semakin sering menggunakan powerbank dibandingkan dengan colokan listrik. Padahal menggunakan powerbank terlalu sering sangat beresiko terhadap hanphone yang diisi daya dengan powerbank.

Mungkin ada yang merasa jika mengisi daya dengan powerbank cepat terisi penuh dibandingkan dengan menggunakan charger konvensional. Hal ini disebabkan oleh besarnya arus tegangan yang dihasilkan oleh powerbank sementara handphone yang diisi daya tidak memiliki tegangan sebesar itu. Tegangan yang lebih besar dibandingkan dengan tegangan handphone tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada baterai, di antaranya, baterai yang tidak tahan lama dan mudah mengembung dan akhirnya tidak bisa digunakan lagi.

Sebenarnya dalam porsi yang tidak berlebih, menggunakan powerbank tidaklah masalah. Gunakanlah powerbank disaat yang memang mengharuskan anda menggunakan powerbank seperti disaat mati listrik, berada di hutan atau apapun yang memang tidak ada pilihan lain selain meggunakan powerbank.

Namun jika anda berada dirumah, tidak mati listrik ataupun anda sedang dalam keadaan yang tidak sibuk, gunakanlah charger biasa karena hal tersebut lebih aman.

Saat ini banyak sekali powerbank abal-abal yang beredar dipasaran, anda harus lebih teliti jika ingin membeli. Pilihlah tempat yang sudah terpercarya, carilah informasi bagaimana cara membedakan powerbank asli dan yang palsu bila perlu konsultasikan terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman.(*)

KOMENTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker